segunung.com
Berita

Mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Dasar FK UNAIR Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Kegawat Daruratan Medis di Desa Wisata

Pengelola wisata, meskipun dari swadaya masyarakat wajib memiliki pengetahuan tentang tata laksana pertolongan pertama dalam situasi darurat medis. Inilah yang melatar belakangi Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar minat Kedokteran Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Prodi S2 IKD FK UNAIR) memberikan pelatihan tersebut kepada masyarakat di Kampung Adat Segunung, Wisata Wonosalam, Jombang.

“Pengetahuan ini sangat penting agar masyarakat bisa memberikan pertolongan pertama jika ada situasi darurat medis pada pengunjung,” papar Koordinator Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar FK UNAIR, Dr. Arifa Mustika, dr., M.Si.

Apalagi, desa wisata ini masih dalam proses merintis dan akan segera dioperasikan. Harapannya setelah siap di buka, pengelola dapat menangani situasi kritis dengan baik. Sehingga tidak ada keterlambatan penanganan sampai pada situasi yang fatal.

Pelatihan diberikan kepada karang taruna desa setempat. Setelah diberikan pemaparan teori, peserta diberi waktu untuk praktek secara langsung bersama para dokter yang menempuh studi S2 di Ilmu Kedokteran Dasar minat Kedokteran Laboratorium.

Para dosen yang juga merupakan dokter senior di FK UNAIR juga terlibat dalam memberikan pelatihan. Selain Dokter Arifa, ada juga Dr. Yetti Hernaningsih, dr., Sp.PK (K)., dan Dr. Puspa Wardhani, dr., Sp.PK (K).

“Kami juga menggandeng ahli K3 yang telah memegang lesensi ahli P3K,” tambahnya.

Ada beberapa materi yang diberikan. Misalnya tentang ganggun fungsi organ vital seperti pingsan, henti jantung dan sesak nafas. Juga perawatan pasien cidera akibat trauma benda tumpul atau tajam.

“Karang taruna sebagai salah satu pengelola desa wisata bisa memanfaatkan ilmu ini sembari menunggu pertolongan datang dari nakes,” tambahnya.

Tak hanya memberikan pelatihan, Prodi S2 IKD juga menghahkan peralatan P3K ke desa wisata setempat sehingga dapat langsung dimanfaatkan.

Pelatihan ini masuk dalam program pengabdian masyarakat (Abdimas) Prodi S2 IKD. Programnya sendiri dinamai “PAKETDATA (Panduan Kesehatan Desa Wisata).(ISM)

Agustus 9, 2022  News  desa wisataJombangKampung Adat Segunungpengabdian masyarakatpengmaspertolongan pertamaprodi magisterS2 IKDS2 Ilmu Kedokteran Dasarsituasi darurat medistata laksanaWisata Wonosalam

sumber : https://fk.unair.ac.id/mahasiswa-magister-ilmu-kedokteran-dasar-fk-unair-beri-pelatihan-pertolongan-pertama-kegawat-daruratan-medis-di-desa-wisata/

Related posts

Melihat Suasana Pedesaan di Kampung Adat Segunung Jombang, Ada Kuliner hingga Kopi Robusta

adminsatu

Kampung Adat Segunung Wonosalam, Gelar ‘Adhek Saka Guru’

adminsatu

Slametan Mitoni “Tujuh Bulanan” Kehamilan Pertama

adminsatu